Tips Merawat Furniture Kayu Jati di Rumah Anda

Furniture kayu jati masih menjadi pilihan utama bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia karena dianggap sebagai salah satu bahan furniture berkualitas tinggi, kuat dan juga dikenal awet.

Meski pun begitu, perabot dengan bahan kayu jati tetap memerlukan perawatan agar tak mudah lapuk atau rusak. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat furniture jati Jepara yang ada di rumah Anda, di antaranya :

 

Hindari Kelembaban dan Panas Yang Berlebihan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan agar perabot dengan bahan kayu jati milik Anda tetap terjaga kualitasnya dan awet digunakan dalam waktu yang lama adalah mengenai lokasi peletakannya.

Agar mebel jati di rumah Anda dapat tahan lama, sebaiknya pertimbangkan untuk menempatkannya pada bagian rumah atau ruangan yang cukup kering dan memiliki suhu normal dan tidak terkena paparan panas sinar matahari secara langsung.

Kelembaban yang terlalu tinggi dapat meningkatkan oksidasi kayu dan mengundang rayap untuk bersarang di dalamnya. Sementara suhu yang terlalu panas dan paparan sinar matahari langsung dapat membuat mebel jati Jepara Anda menjadi terlihat cepat kusam hingga retak.

 

Rutin Bersihkan Mebel Jati Anda

Tips selanjutnya yang dapat Anda terapkan untuk furniture kayu berbahan jati yang Anda miliki adalah dengan membersihkannya secara rutin. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan lap pembersih atau benda lainnya yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan kotoran atau debu yang ada pada permukaan furniture.

Pada furniture dengan detail rumit dan banyak ukiran, Anda dapat memanfaatkan kuas kecil untuk membersihkan bagian sela – selanya.

Bila pada perabot kayu jati Anda terdapat kotoran membandel, Anda dapat membersihkannya dengan bantuan air bersih yang diberi dengan campuran sabun detergen.

Setelah dibersihkan dengan air sabun, Anda dapat membilas dan kemudian mengeringkannya. Tetapi Anda perlu ingat bahwa sebaiknya jangan menggunakan pembersih yang mengandung solvent seperti toluen, acetone atau metanol yang dapat merusak coating furniture jati minimalis Anda.

 

Lakukan Refinishing Secara Berkala

Furniture Jepara di rumah Anda juga dapat awet digunakan dan terlihat selalu baru bila Anda rajin untuk melakukan refinishing berkala. Salah satu kelebihan dari perabotan yang menggunakan bahan utama berupa kayu jati tentu saja adalah warnanya yang alami.

Agar warna alami ini tetap tampak bagus dan tidak kusam meski usia pakainya sudah cukup lama, Anda perlu untuk memolesnya atau melakukan refinishing dengan menggunakan minyak jati. Proses ini perlu dilakukan setidaknya 2 atau 3 tahun sekali agar tampilan perabot jati Anda tetap bagus.

Hal ini berlaku baik bagi furniture kayu jati yang diletakkan di luar mau pun yang berada di dalam ruangan.